Akhir-akhir ini saya sedang sangat malas buat berpergian jauh, apalagi pakai kereta. Tokyo, jadi berasa jauh. Meskipun kadang sangat ingin ikut beragam acara ataupun pengajian di Tokyo, saya sering menahan diri karena kapok beberapa kali memaksakan diri. Bukan tanpa alasan. Saya kadang sudah malas duluan ketika membayangkan harus ganti kereta berapa kali dengan dorong stroller plus barang bawaan. Apalagi kereta dari Chiba ke Tokyo itu lumayan padat. Saya cukup sering tidak dapat tempat duduk dan kadang tidak mau memberanikan diri minta tempat duduk meski saya di bagian prioritas sekalipun. Padahal, kondisi saat ini tidak memungkinkan saya berdiri terlalu lama. Pernah nekat ke Tokyo tanpa suami lalu pulangnya harus berdiri sepanjang perjalanan plus Nuh maunya digendong. Waktu itu sih perut belum terlalu membuncit. Kalau sekarang disuruh gendong Nuh di kereta, saya milih guling-guling deh (lebay).

Nah, sebagai konsekuensi malas pergi jauh-jauh, saya lebih banyak tinggal di rumah bareng Nuh. Awalnya pas masih lemes, paling banter baca ini itu saja. Sekarang, saya sudah lumayan bisa mengatur waktu dan stamina jadi pingin lebih produktif. Lalu muncullah ide-ide dengan cepatnya di kepala. Mulai dari proyek mainan Nuh sampai mencoba resep baru. Proyek mainan Nuh masih tetap jalan. Tapi karena butuh ketelitian dan kehati-hatian karena bermain jarum dan kawan-kawannya, jadi sekarang mengerjakannya saat benar-benar Nuh tidak akan ganggu saja.

Akhir-akhir ini, “proyek” baru saya adalah bikin cemilan dan mencoba resep baru. Suami saya sih senang-senang saja jadi “kelinci percobaan”. Toh hasilnya layak makan dan hampir selalu bikin nambah. Tapi saya juga sadar diri biar ga terlalu banyak makan. Nanti yang ada dimarahin bidan lagi kalau kelewatan naiknya :D.

Balik ke cemilan, pekan ini saya lagi ketagihan bikin kue kering. Awalnya pingin yang berasa keju, jadilah kastengel. Ketika sudah jadi, makan satu dua biji, sisanya simpan. Makannya dikit-dikit saja biar tidak bikin berat badan naik :D. Terus, jadi kebayang-bayang kue kacang tanah yang dulu biasa dibuat di rumah. Lanjut coba bikin dong, mumpung bahan mudah didapat. Tapi kok belum puas ya, karena memang aslinya sempat pingin juga kue bawang yang gurih itu. Lalu berujung pada pencarian resep kue bawang juga. Dari sekian banyak resep di internet, saya milih yang perbandingan terigunya lebih banyak daripada kanji. Kebetulan ada pasta maker yang biasa saya pakai untuk bikin kulit pastel, kulit molen ataupun mie untuk mie ayam. Alhamdulillah, hasil pencarian diskonan di Amazon dulu memang bermanfaat. Kalau tidak ada alat penggiling ini, mungkin saya malas kalau harus nipisin dan motonging adonan kue bawang secara manual. Kalaupun saya rajin, paling banter saya bikin lebar-lebar :D.

20140606-132930.jpg

20140606-132943.jpg

20140606-132957.jpg

Alhamdulillah, sejauh ini suami tidak melarang hobi saya utak-atik hal baru di dapur ataupun proyek mainan Nuh. Yang terpenting, Nuh tidak terabaikan dan saya tidak kelewat kecapekan. Kalau bagi saya pribadi, ini wujud pembelajaran diri. Saya harus menambah sesuatu ilmu, kemampuan ataupun wawasan meski saya di rumah. Makanya saya tidak ragu beli barang yang sekiranya memang saya butuhkan. Tapi tetap pakai pertimbangan azas manfaat dan nilai ekonomisnya. Misalnya alat pembuat pasta atau mie ini, saya juga tidak langsung beli dan pakai survei online dulu. Padahal waktu mau beli, suami sempat yang meragukan,”Bakal kepakai gitu? Jangan cuma numpuk barang ya.” Alhamdulillah, saya biasanya kalau beli barang, harus yang banyak manfaatnya atau bakal sering terpakai. Ini wujud komitmen saya bahwa di rumah pun adalah ladang menuntut ilmu dan ajang produktif. Kalau sekarang kondisi saya tidak memungkinkan untuk banyak aktifitas sosial atau di luar rumah, ya nikmati saja & manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Alhamdulillah ‘alaa kulli hal.

Leave a Reply

