Saya dulu tidak bisa masak. Sekarang pun masih belajar masak. Saya sebenarnya tidak suka masak, tapi saya puas kalau akhirnya bisa membuat sesuatu.

Awalnya karena kepepet, tapi lama-lama jadi ketagihan. Pinginnya bisa masak beragam jenis makanan dari berbagai negara, dari cemilan sampai menu berat. Tapi apa daya terkadang kalau ketemu bagian menghias dan menata, saya males duluan :D.

Memasak itu menyenangkan. Yang tidak menyenangkan itu bagian beres-beres atau bersih-bersihnya, terlebih beresin punya orang (uups). Makanya tiap kali saya masak, saya sambil berdo’a agar masakan ini jadi enak, cocok di lidah & bisa dinikmati oleh orang yang memakannya.

Kalau makanan habis, saya senang. Apalagi kalau yang makan tampak senang, saya pun bahagia. Jadi ingat dorama Osen, di mana Sen (Aoi Yu) selalu memasak dengan muka bahagia & tersenyum-senyum sambil berkata “Oishiku nare” (jadilah enak). Itu adalah salah satu dorama yang menginspirasi saya untuk memasak dengan bahagia. Bukan sekedar mengubah bahan mentah jadi sesuatu yang bisa dimakan, tapi juga membayangkan wajah-wajah bahagia dari orang-orang yang akan menikmati masakan saya.

Satu lagi, ibu angkat saya di Jepang pernah berkata kalau makan itu bermula dari mata. Maksudnya, penyajian, kombinasi warna, dan apapun yang bisa dilihat itu bisa menarik selera makan. Makanya kadang saya tetap berusaha menata makanan untuk suami sebaik mungkin, meski hasilnya masih jauh dari harapan :D. Alhamdulillah, setidaknya saya punya satu orang penikmat setia yang selalu membuat hati saya bahagia tiap kali menyajikan makanan untuknya ^^.

20140713-174722-64042337.jpg


Tulisan di atas kenapa berasa kayak hasil karya anak SD ya?!! >______< Efek sudah tidak fokus.

Leave a Reply

