Kali ini sekedar ingin menuangkan uneg-uneg yang sebenarnya sedari dulu saya sepakati tapi belum juga jadi ditulis. Kemarin lusa sempat baca tulisan di salah satu instablog tentang mengoreksi orang lain di sosial media. Intinya, penulis instablog tersebut menyatakan jika ingin mengoreksi kesalahan orang lain yang pertama dilakukan sebaiknya tabayyun atau mencari kejelasan hingga jelas masalahnya. Bisa jadi yang kita pikir salah atau tidak tepat, bagi orang tersebut sebaliknya dan dia punya alasan kuat atau benar. Kemudian kalau ingin meluruskan, jika memang dia salah atau kurang tepat, lakukan secara pribadi bukan di depan umum.

Saya sepakat, sangat sepakat dengan hal itu. Di era sekarang ini, sepertinya terlihat biasa kita langsung mengomentari termasuk mengkritik ataupun bahkan mencemooh dan menyalahkan orang lain di sosial media secara langsung sehingga bisa dibaca semua orang. Orang barangkali akan berujar,”Salah sendiri nulis di sosial media kan jadi dibaca banyak orang.” Benar juga, tapi kalaupun dalam apa yang dia tulis ada yang salah, lebih baik dikoreksi lewat jalur pribadi terutama untuk hal-hal yang sekiranya bisa mempermalukan dia jika dibahas di muka umum.

Lebih lanjut, menurut saya ini tidak hanya tentang urusan di dunia maya sih, tetapi juga di dunia nyata. Mengingatkan saudara atau teman kita yang salah lalu memberikan masukan atau kritik, tentu saja bagus. Namun, perlu diperhatikan adabnya yaitu jangan di depan umum (secara pribadi atau empat mata) dan lebih dulu lakukan tabayyun atau meminta kejelasan agar kita tidak menghakimi lebih dahulu sesuai persangkaan kita padahal bisa saja kondisinya jauh berbeda. Wallahu’alam bisshowab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s