Kemarin, libur masak besar buat buka puasa karena ada rencana ikut suami “buang” barang ke toko bekas. Namun, takjil diusahain tetap ada jadi pas ke masjid bisa tetap bawa takjil seperti biasanya. Berhubung sekitar masjid pilihan makannya terbatas (buat kami) jadi yang diincar langsung restauran Nepal atau India yang Alhamdulillah katanya pakai daging halal. 

Selama tinggal di Jepang, bagi saya pribadi restauran India, Pakistan, ataupun Nepal sering jadi penyelamat perut kelaparan. Meski tidak semua restauran, tapi setidaknya ada beberapa yang memberi keterangan jelas tentang kehalalan daging ayam atau kambing yang dipakai. Apalagi porsinya lumayan banyak, kadang bahkan super kekenyangan. Ada juga yang pakai sistem bebas tambah naan atau nasi. Saya suka tuh yang model begituan karena doyan banget naan :D.

Rasa masakannya juga menurut saya mantap, berasa banget rempahnya. Padahal kan kalau lihat resep masakan Asia Selatan itu isinya beragam rempah dan pakainya juga banyak. Dulu pernah beli masakan Pakistan pas di Madinah dan rasanya sebelas-dua belas sama restauran sejenis di sini. Artinya, rasanya tuh otentik khas daerah Asia Selatan. Kalau di Jepang tingkat kepedasan saja yang sepertinya dikurangi. 

Terus jadi penasaran deh, di Indonesia ada tidak ya restauran sejenis ini? Beberapa tahun lalu pas di Jogja pernah ke sebuah restauran kecil dengan menu India, tapi menurut saya rasanya jauh beda dengan yang saya harapkan. Semoga nantinya tidak sering-sering kangen masakan model begini deh. Kalau iya, terpaksa deh bongkar resep buat bikin naan dan kare. Pernah bikin naan tapi ukurannya belum sesukses yang di restauran. Sudah lama banget kayaknya sampai suami kemarin bilang,”Aku kok lupa rasanya kamu pernah bikin naan.” Ini sih aslinya kode suruh bikin lagi tapi mana sempat. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s