Random! 

– Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmussholihat. It is been a month since our back for good to Indonesia, so far so good. Since it is my second back for good after living abroad, I found nothing special to bother. Almost everything goes well. 
– 帰国したから1ヶ月で、特に大きな問題が無い。皆が元気だけど、最初に子供達が蚊にいっぱい刺された。今蚊取り用のベビーオイルを使って、安心になった。他の問題、水や空気などに関して肌などにアレルギーが出ることとか、も無い。今の所は子供達が元気でいっぱい遊ぶ。私も元気にしているが、ちょっと太ってきたのかなぁ気がする。主人も元気だよ。
– Saya mencoba untuk tidak banyak protes dengan perbedaan yang ada antara Jepang dan Indonesia kali ini. Saya belajar dari pengalaman pulang dari Jepang tahun 2008 lalu sehingga saya tidak ingin mengulangi masa sulit yang sama. Sempat kaget sih, kalau beberapa harga barang sama persis dengan barang serupa di Jepang. Terus jadi mikir, “Memangnya gaji rata-rata di Indonesia umumnya berapa sih? Setara dengan Jepang kah?”. Jawabnya: tentu tidak! Kecuali kerja di perusahaan swasta besar atau MNC. Sudahi saja, tidak usah dibahas karena saya sudah eneg membahasnya di luar blog.
– ‘Handphone (lebih tepatnya smartphone) mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat’ itu akhirnya saya lihat beneran :D. Dulu saya termasuk yang tidak percaya. So, welcome to the jungle to me! Ya begitulah. 
– Tabayyun (mencari kejelasan, memeriksa dengan teliti) tiap hal yang kita dengar atau lihat atau baca itu sangat perlu dilakukan. Tidak hanya tentang agama, tapi tentang kehidupan sehari-hari juga. Kroscek dulu sebelum komentar. Pastikan bahwa komentar maupun nasehat tidak akan salah sasaran. Komentar tanpa tabayyun atau kroscek lebih dulu itu, kadang lebih terasa seperti tuduhan tak berdasar. 
– Asumsi subyektif, gengsi, ego, merasa paling benar, merasa sudah benar, dan hal-hal lain yang dipengaruhi emosi dan nafsu seringkali menipu akal dan hati nurani kita sendiri.
– Orang yang mengaku bijak ataupun bilang paling bisa memahami atau menerima keadaan, kebanyakan aslinya adalah orang yang paling banyak mengeluh dan nyinyir atas keadaannya dan sekitarnya :D. No offense. Bukan saya karena saya tidak pernah bilang saya orang yang tolerab maupun nrimo. 
– Nyamuk lebih suka menggigit bayi ketimbang orang dewasa. Curang sekali para nyamuk itu. Sudah tahu para bayi tidak bisa melawan masih juga diserang. 
– Kenapa jalanan di Jogja dan sekitarnya semakin padat? Bahkan jalanan depan rumah saya yang di kampung pun sekarang rame sekali. Sampai-sampai orang mau menyeberang saja menunggu bermenit-menit. Sekedar info, jalan depan rumah saya termasuk jalan provinsi yang aspalnya bagus dan dilewati juga pengemudi jarak jauh. Kebayang kan, selain kecepatannya kencang-kencang, jumlahnya juga semakin banyak. Perasaan belum ada dua tahun tidak pulang, tapi cukup kaget ketika sadar beberapa kali antrian di jalan padat merayap. 
– I changed a lot, indeed. But here, they changed a lot too. 
– Saya kangen aktivitas ‘nguprek dapur’ di Chiba. Bisa bebas eksperimen tanpa takut gagal. Tapi bukan kangen yang berarti ingin balik sana juga sih. 
– Apa yang terlihat atau terdengar, belum tentu benar, terlebih lagi di media sosial.
– Kadang saya gagal paham dengan orang-orang yang menyimpulkan sepihak dari apa yang dilihatnya dari apa yang saya lakukan. Padahal, kenyataannya beda atau meleset jauh sekali. Tapi, orang yang menyimpulkan  tetap keukeuh dia yang benar. Jadi, siapa sebenarnya yang lebih tahu tentang hidup saya selain saya yang melakoni dan Allah tentunya? Misalnya begini, saya biasa melakukan kegiatan A karena suka. Suatu saat saya tampak melakukan kegiatan B yang mungkin aslinya tumben-tumbenan dan langsung dibilang saya suka B, bukan A. Contoh lain, saya sekali saja melakukan kesalahan, langsung semua jadi salah. 
– Pembanding terbaik bagi diri kita adalah diri kita di masa lalu, bukan orang lain. Sama-sama kuliah tapi hasil kelulusan bisa beda. Biasa kan? Sama-sama statusnya istri tapi kegiatannya beda. Wajar lah ya. Sama-sama perempuan tapi tidak harus berhobi sama kan? Lha wong anak-anak yang lahir dari rahim yang sama saja perkembangannya bisa beda di tiap tahap umurnya, apalagi yang beda orang tuanya. 
– Bicara yang baik atau diam. Koreksi diri sendiri dulu sebelum mengoreksi orang lain. 

Leave a Reply

