Hari ini pingin nge-blog meski tidak ada hal spesial buat ditulis. I just need a short escape from my common flu. Saya butuh pengalihan dari ketidaknyamanan akibat pilek berkepanjangan ini dan menulis jadi pelarian tanpa beban. Setidaknya saya tidak akan merasa capek sesudahnya.

Tadinya mau cerita tentang adanya free wifi selama dua pekan untuk wisatawan asing di Jepang, tapi saya lagi malas mengumpulkan info dan fotonya lagi. Jadi saya mau bagi cerita kesuksesan (ciee, pede banget bilang sukses) saya bikin martabak telor saja. 

Saya penggemar berat makanan yang gurih. Kalau suruh milih (but please don’t ask me to choose), saya akan memakan yang gurih lebih dahulu ketimbang makanan berasa manis. Nah, martabak telor adalah salah satu favorit saya meski kadang malas beli karena ingat itu berminyak, berlemak dan menguras isi dompet :D. Apalagi kadang, satu martabak telor saja tidak cukup untuk orang serumah. Jadi, saya tertantang untuk bikin sendiri demi penghematan dan memuaskan nafsu makan >:D .

    
Bahan kulit martabak :

  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/4 sdt garam (atau sesuka Anda jika suka asin)
  • 140 ml air
  • 30 gram minyak sayur/goreng
  • Minyak goreng secukupnya untuk merendam & menggoreng

Bahan & bumbu isi martabak telor:

  • 200-250 gram daging sapi cincang (atau sesuka Anda jika memang penyuka daging)
  • 2-3 siung bawang putih, cincang
  • 4 siung bawang merah, cincang
  • 1 buah bawang bombay (atau skip kalau tidak suka) cincang
  • Daun bawang secukupnya, cincang
  • Lada halus dan garam secukupnya
  • Telur ayam atau bebek untuk campuran, 1-2 tiap untuk tiap kali goreng

Caranya sederhana saja. Untuk kulit, campur seluruh bahan kering lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni sampai kalis (atau asal rata dan tampak halus kalau Anda pemalas macam saya. But trust me, 200 gram is not that much for kneading), lalu tambahkan minyak dan uleni sampai tampak elastis. Bagi jadi 3 bulatan kecil. Setelah itu rendam selama minimal 2 jam. Resep kulit ini sudah lama saya catat, sejak masih di Jepang tapi males terus mau eksekusi karena repot dengan pindahan. Saya sampai hampir lupa sumbernya dari mana, tapi kalau tidak salah dari blognya Mbak Diah Didi.

Sambil nunggu kulitnya siap pakai, bisa bikin isiannya dulu. Untuk isinya, saya lupa juga dari mana, sudah lama ada di note sejak masih di Komaba dulu. Oya, cara masak isiannya sederhana saja. Tinggal tumis bawang-bawangan tadi, masukkan daging, tambah lada, garam dan air secukupnya. Tunggu sampai daging empuk, lalu masukkan daun bawang. 

Untuk penggorengan, ambil salah satu bola adonan dari rendaman minyak (yup, siap-siap tangan belepotan minyak, tapi tidak sebegitunya bercucuran kok). Kalau saya, saya gepengkan adonannya lalu tarik kanan kiri sambil diputar sisi-sisinya. Bagaimana ya menjelaskannya dengan baik? Ya pokoknya, seperti itulah. You’ll gonna get it by yourself, instingly :)) . Taruh pelan-pelan di wajan teflon yang sudah diberi minyak secukupnya (lebih enak wajan datar ya, bukan teflon bulat cekung kayak kebanyakan). Minyaknya jangan banyak-banyak ya. Ini bukan kayak menggoreng kerupuk atau gorengan :D. Setelah itu taruh isian yang sudah dicampur telur, lalu lipat pelan-pelan. Goreng dan hati-hati saat membalik (You’ll need two spatulas if you’re not sure how to flip it only by one hand). 

Begitu lah kurang lebihnya pengalaman saya membuat martabak telur sendiri. Dari adonan di atas, bisa jadi 3 martabak telur. Ini bukan makanan yang siap saji dengan dadakan ya. Jadi memang harus ada persiapan waktu. Ya paling enak, disambi mengerjakan hal lain selama menunggu adonan direndam minyak. 

Rasanya puas bisa bikin sendiri. Apalagi pas kulitnya bisa mulur cantik dan tipis. Tapi saya suka grogian sendiri, harusnya bisa lebih rata dan halus kalau nariknya stabil. Oya, kalau pinggiran kulit terlalu tebal, nanti saat digoreng bakal kerasa tebal di bagian pertemuan lipatan.  

Tulisan ini harusnya ada blog dapur saya, tapi malas pindah-pindah. Jadi ya sudah lah, sesekali nulis masakan di sini. Sebut saja ini pengalaman pertama jadi tukang martabak 😀 .

Leave a Reply

