Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmush sholihat. Akhirnya jadi juga mini project dadakan saya. Ceritanya saya beli baju berbahan katun Jepang yang ternyata bagian roknya lebar banget. Karena hanya akan dipakai di rumah dan tidak terlalu suka model umbrella yang terlalu lebar (Saya punya beberapa model umbrella, tapi lebarnya cukupan. Chodo ii.), akhirnya saya potong bagian pinggir kanan dan kirinya. Pas dilihat-lihat, kok kayaknya bisa dijadiin baju untuk Dedek M. Bukan untuk kembaran ya karena saya tidak akan pakai baju motif rame seperti ini ke luar rumah hihi. Kalau dedek M sih masih tidak apa-apa diajak keluar dengan motif seramai ini. Saya sih cukup dengan yang polos-polos saja. 

Awalnya hanya mau dibikin rok saja. Ternyata masih lumayan sisa kainnya, jadi lanjut dijadiin atasannya juga. Sayangnya, saya sempat salah potong (efek ngantuk dan lapar saat itu) sehingga bagian lengan bawah jadi lumayan sempit. Untung anaknya mungil jadi masih muat haha. Demi efektifitas waktu dan tenaga, saya bikin saja jadi model terusan A-line (bilang aja kemampuan memang masih terbatas banget, jadi modelnya ya itu-itu saja). Saya suka yang potongannya sederhana sih. Toh motifnya sudah rame berbunga-bunga. Selain itu, namanya juga kain sisa, lebarnya juga terbatas.
Alhamdulillaah, tetap jadi satu baju yang pas dipakaikan ke Dedek M, lha kok mirip baju kurung ala Malaysia atau Brunei Darussalam. Terus sekarang kebayang-bayang mau kasih kerudung hitam sebagai pasangannya tapi belum punya. Ada sih kain kerudung lama yang dari dulu didambakan jadi mini kerudung untuk dedek M. Belum jadi dibikin sampai sekarang karena malas haha. Kebiasaan juga sih, apa-apa yang terlalu direncanakan biasanya malah tidak jalan. Kalau yang spontan, kadang (sering sih aslinya) malah lebih sukses sampai selesai. 

Kali ini, saya masih tetap setia pakai jahitan tangan. Belum sempat belajar penggunaan mesin jahit karena saya malas kalau anak-anak bangun, kemungkinan besar ganggu. Kalau anak-anak tidur siang, saya pilih ikutan tidur juga haha (anggap saja saya pemalas, tapi ya memang badan saya tidak bisa bohong, kalau tidak ikutan tidur siang barang sebentar langsung drop banget). Namanya juga dijahit tangan, sesempatnya saja dan selesainya juga beberapa hari. Kali ini sudah lebih lumayan sih, selesainya lebih cepat dari sebelumnya karena sudah beberapa kali bikin.
Untuk jahitannya, saya pakai metode stik balik atau french seam (apa itu? Cari sendiri ya, saya tidak pintar menerangkan kalau soal jahitan). Intinya, bagian tepian kain tidak perlu yang namanya obras maupun neci. Semua tersembunyi dibalik dua jahitan. Pernah baca di blog tentang jahit-menjahit, french seam ini bagus untuk baju anak-anak untuk menghindari kemungkinan gatal atau ketidaknyamanan akibat obras (kan kadang hasil obras ada yang tidak rapi). Jahitan model ini bagus juga sebagai penyelamat kalau mesin jahitnya tidak ada fungsi obras. Daripada antri di tukang obras, mending dibikin stik balik saja. Saya juga masih setia pakai kancing jepret atau cetit karena bagi saya ini lebih cocok ketimbang resleting. Kalau tidak hati-hati kadang pinggiran resleting yang di sisi dalam baju (terutama bagian bawah) malah bikin tidak nyaman. Saya pernah beberapa kali dapat baju yang bagian pojok bawah resletingnya malah terasa menusuk ke kulit karena tidak “tersembunyi”. 

  
Setelah dicoba oleh Dedek M, ternyata masih agak kepanjangan jadi harus dilipat lagi sedikit bagian bawahnya. Sedangkan bagian perut jadi pas padahal kemarin-kemarin dibikinnya lumayan longgar. Sepertinya memang bocahnya bertambah gemukan juga sih hihi. Setelah ini bikin apa lagi ya? Ide sih ada beberapa tapi sepertinya tenaga yang tidak mencukupi. Ah iya, proyek mainan anak-anak saja belum jadi dieksekusi juga. Banyak deh ini PR-nya (PR bikin sendiri, kerjain sendiri, nilai sendiri. Yup, saya tidak butuh penilaian orang lain :p)

  

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s